Rasakan 6 Gejala Ini, Awas terserang Penyakit Jantung

June 26, 2020 By e4t3or3kgnl

Penyakit jantung masih menjadi penyumbang kematian terbesar hingga saat ini, hal ini karena masih kecilnya kepedulian orang terhadap pola hidup dan seringkali menyepelekan gejala-gejala yang muncul. berikut ini adalah beberapa pertanda yang bisa menjadi alarm bagi anda agar menjaga kondisi jantung kedepannya.

  1. Susah tidur

Mungkin anda menganggap susah tidur adalah hal yang wajar. Insomnia sendiri memang selama ini seringkali dialami oleh banyak orang dan tak ada yang sadar bahaya apa saja yang sebenarnya mengintai jika kita kurang tidur. Salah satu efek berantai dari kurangnya tidur adalah lemahnya otot jantung.

Seiring dengan lemahnya otot jantung membuat aliran darah menjadi terganggu, maka jangan heran jika orang yang kurang tidur bisa menyebbakan tekanan darah tinggi. Jika terus dibiarkan tak menutup kemungkinan terkena serangan jantung.

  1. munculnya ruam atau bintik

Perhatikan tubuh anda, jika anda merasa ada ruam atau bintik-bintik merah bisa jadi anda memiliki resiko terkena penyakit kardiovaskular kedepannya. Menurut jurnal Allergy and Clinical Immunology membuktikan bahwa orang yang memiliki ruam atau bintik merah memiliki resiko 48% terkena darah tinggi dan 29% terkena kolesterol dibanding yang tak memiliki ruam ditubuhnya.

  1. Mudah sesak

Menurut medis sesak nafas terjadi ketika kurangnya pasokan oksigen pada jantung. jadi ketika anda mudah terkena sesak nafas dan tubuh gemetar ada kemungkinan itu pertanda ada yang tidak beres dengan jantung atau paru-paru anda.

  1. Mudah berkeringat

Keringat yang berlebih bisa jadi indikator utama adanya yang tak beres dalam tubuh. Berdasarkan penelitian serangan jantung memang identik dengan keringat dingin dan jumlah keringat yang banyak. Jika anda berkeringat cukup banyak pada malam hari terlebih seprai sampai terasa lembab ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter.

  1. Dada terasa berat

Sering merasa berat pada dada? Mungkin ada baiknya anda berkonsultasi ke dokter. Rasa berat dan tertekan pada dada biasanya disebabkan kurangnya darah yang beroksigen masuk ke jantung. Jika dibiarkan ini akan mempengaruhi dinding dan lapisan dalam pembuluh darah.

  1. Detak jantung tidak normal

Coba rasakan detak jantung anda di beberapa kondisi baik saat sedang santai, berkeringat atau lelah sehabis berjalan jauh. Pada orang normal biasanya detak jantung tidak akan benar-benar terasa kecuali mereka berkeringat. namun, jika anda bisa merasakan detak jantung anda saat sedang santai sekalipun maka tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter karena itu adalah pertanda adanya aritmia.