Gejalanya Mirip, Ini Perbedaan 4 Jenis Penyakit Jantung

June 26, 2020 By e4t3or3kgnl

Penyakit jantung masih menjadi momok menakutkan karena bisa mengintai siapa saja dan kapan saja. Secara medis penyakit jantung sendiri masuk kedalam golongan penyakit kardiovaskular dimana penyakit jantung dan stroke merupakan dua penyakit yang paling banyak merenggut nyawa.

Penyakit jantung ada beberapa jenis selain itu gejalanya pun juga cukup beragam. oleh karena itu jangan pernah meremehkan ketika mulai gejalanya agar bisa ditangani dengan segera.

  1. Penyakit jantung koroner

penyakit ini paling sering dijumpai dimana hal ini terjadi karena adanya penyempitan pembuluh darah di arteri bahkan tak jarang sampai tersumbat. Biasanya orang yang terkena penyakit ini mengalami beberapa gejala seperti misalnya sakit pada bagian dada atau adanya perasaan seperti di remas, sesak napas hingga gangguan pencernaan.

Nyeri dada yang dirasakan oleh penderita jantung koroner biasanya seolah menjalar hingga ke bagian leher, punggung dan lengan. Jika tak segera ditangani hal ini bisa menyebabkan komplikasi dan serangan jantung.

  1. Serangan Jantung

Mungkin banyak dari anda yang sudah tahu bagaimana kondisi orang yang mendadak terkena serangan jantung dari film-film yang anda tonton. Secara medis serangan jantung ini terjadi karena berhentinya pasokan darah yang menuju jantung sehingga sel-sel otot di jantung mengalami kerusakan. gejala awal dari serangan jantung adalaj dada terasa nyeri, sesak napas dan keringat dingin.

Ketika orang mengalami serangan jantung, maka harus segera mendapatkan pertolongan karena jika terlambat bisa menyebabkan kerusakan permanen pada organ tersebut dan jika sudah parah bisa membuat jantung berhenti berdetak.

  1. Aritmia

Aritmia adalah gangguan pada jantng yang menyebbakan irama jantung menjadi tidak beraturan. pada dasarnya detak jantung yang tidak beraturan merupakan hal yang normal namun ketika perubahan irama ini sudah terlalu banyak bisa menyebabkan kerusakan pada jantung sehingga tidak bisa disepelekan. Gejala dari aritmia ini adalah denyut nadi yang lambat, jantung berdebar, pusing dan kadang hingga menyebabkan pingsan

  1. Penyakit jantung bawaan

Tidak semua orang lahir dengan bentuk jantung yang normal dan sehat. ada beberapa penyakit jantung yang memang sudah bawaan dari lahir seperti misalnya adanya lubang diantara dua bilik jantung atau dalam medis dikenal cacat septum, kemudian ada kelainan obstruksi yakni tersumbatnya alirah darah dari berbagai bilik jantung serta masih banyak lagi lainnya.