Tuesday, August 28, 2018

Bacaan Doa, Niat dan Tata Cara Sholat Tahajud Secara Lengkap

Loading...

Loading...
Suatu keistimewaan yang lebih bagi mereka yang gemar melaksanakan dua sholat muakkad yaitu sholat tahajud dan sholat dhuha.

Hukum dan pangkatnya meskipun di kategorikan sunnah, namun cara melaksanakan kedua sholat tersebut tidaklah mudah, harus membiasakan diri terlebih dahulu akan proses dan waktu dalam mengerjakannya. Maka dari itu tidaklah heran dalam pengerjaannya terdapat keistimewaan dan keutamaan yang lebih.

sholat tahajud


Pengertian Sholat Tahajud


Dalam bahasa arab, tahajud memiliki kata dasar “hajada” yang berarti “tidur”, yang juga berarti “sholat dimalam hari”. Sebutan untuk orang yang melaksanakan sholat malam yaitu “haaajid”. Maka bertahajud arinya melakukan sholat sunnah di malam hari setelah tidur. Dari makna tersebut sholat tahajud memsyaratkan untuk tidur terlebih dahulu.

Baca Juga: Hukum dan Keutamaan Sholat Berjamaah

Kalau belum tidur tidak bisa disebut sholat tahajud melainkan sholat qiyamullail. Sholat sunnah tahajud ini merupakan salah satu sunnah terpenting yang dilakukan Rasulullah saw untuk di ikuti umatnya.

Keutamaan Sholat Tahajud


Ayat-ayat tentang keutamaan sholat malam dan anjurannya.

Di dalam banyak ayat, Allah Subhanahu wa Ta’ala menganjurkan kepada Nabi-Nya yang mulia untuk melakukan shalat malam. Antara lain adalah:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ

Artinnya: “Dan pada sebagian malam hari shalat Tahajjud-lah kamu….” [Al-Israa’/17: 79]

وَاذْكُرِ اسْمَ رَبِّكَ بُكْرَةً وَأَصِيلًا وَمِنَ اللَّيْلِ فَاسْجُدْ لَهُ وَسَبِّحْهُ لَيْلًا طَوِيلًا

Artinya: “Dan sebutlah nama Rabb-mu pada (waktu) pagi dan petang. Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang di malam hari.” [Al-Insaan/76: 25-26].

وَمِنَ اللَّيْلِ فَسَبِّحْهُ وَأَدْبَارَ السُّجُودِ

Artinya: “Dan bertasbihlah kamu kepada-Nya di malam hari dan setiap selesai shalat.” [Qaaf/50: 40].

وَاصْبِرْ لِحُكْمِ رَبِّكَ فَإِنَّكَ بِأَعْيُنِنَا ۖ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ حِينَ تَقُومُ وَمِنَ اللَّيْلِ فَسَبِّحْهُ وَإِدْبَارَ النُّجُومِ

Artinya: “Dan bersabarlah dalam menunggu ketetapan Rabb-mu, maka sesungguhnya kamu berada dalam penglihatan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Rabb-mu ketika kamu bangun berdiri, dan bertasbihlah kepada-Nya pada be-berapa saat di malam hari dan waktu terbenam bintang-bintang (di waktu fajar).” [Ath-Thuur/52: 48-49]

Allah Subhanahu wa Ta’ala bahkan memerintahkan kepada beliau Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila telah selesai melakukan shalat wajib agar melakukan shalat malam, hal itu sebagaimana terdapat pada firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ وَإِلَىٰ رَبِّكَ فَارْغَبْ

Artinya: “Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Rabb-mu-lah hendaknya kamu berharap.” [Asy-Syarh/94 : 7-8]


Baca Juga: Tata Cara Sholat Dhuha Secara Lengkap

Dari keterangan dalil tersebut menunjukkan bahwa begitu istimewanya shalat tahajud dibandingkan dengan sholat lainnya. Karena dalam hal tersebut kualitas keimanan hamba ditunjukkan.

Waktu Pelaksanaan Sholat Tahajud


Beberapa hal penting yang harus di pahami secara khusus tentang tata cara sholat tahajud. Yang pertama waktu, dalam pelaksanaannya di bagi menjadi tiga waktu, diantaranya:


  • 1/3 malam pertama berkisar antara pukul 19.00 hingga 22.00 wib, ini merupakan waktu yang utama.
  • 2/3 pertama malam berkisar antara pukul 22.00 hingga 01.00 wib, ini merupakan waktu yang lebih utama.
  • 1/3 terakhir malam berkisar antara pukul 01.00 hingga menjelang sholat shubuh, ini merupakan waktu yang paling utama untuk mengerjakan sholat tahajud.


Jumlah rakaat minimal yang bisa dilakukan dalam sholat Tahajud adalah dua rakaat dua kali salam sedangkan untuk batas maksimalnya bisa disesuaikan kemampuan masing-masing.

Niat Sholat Tahajud


Yang kedua, niat dan sholat tahajud. Sebelum melaksanakan sholat, anda harus memiliki niat yang ikhlas. Ibadah anda ditujukan hanya untuk Allah azza wa jalla. Sebenarnya niat adalah amalan hati tidak ada lafal tertentu yang harus dihafal dan diucapkan. Niatnya sebagai berikut:

Niat sholat tahajud

Doa Sholat Tahajud



Arti Doa Sholat Tahajud:
“Ya Allah, Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Ya Allah, Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dengan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. Tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Tata Cara Sholat Tahajud


1. Tata Cara Sholat Tahajud di Rakaat Pertama.

  • Membaca Niat Sholat Tahajud
  • Takbiratul Ikhram dg mengucapkan Takbir ( Allahu Akbar)
  • Membaca Doa Iftitah
  • Membaca Surat Al Fatihah
  • Membaca Suratan Pendek atau Panjang Al Qur’an
  • Gerakan Sholat Ruku dan Doa nya
  • Gerakan Sholat I’tidal dan Doanya
  • Gerakan Sholat Sujud Pertama dan Doanya
  • Gerakan Sholat Duduk diantara 2 Sujud dan Doanya
  • Gerakan Sholat Sujud Kedua dan Doanya
  • Berdiri kembali untuk Rakaat Kedua Sholat Tahajud

2. Tata Cara Sholat Tahajud di Rakaat Kedua

  • Membaca Surat Al Fatihah
  • Membaca Suratan Pendek atau Panjang Al Qur’an
  • Gerakan Sholat Ruku dan Doa nya
  • Gerakan Sholat I’tidal dan Doanya
  • Gerakan Sholat Sujud Pertama dan Doanya
  • Gerakan Sholat Duduk diantara 2 Sujud dan Doanya
  • Gerakan Sholat Sujud Kedua dan Doanya
  • Gerakan Sholat Tahiyat Akhir dan membaca doanya
  • Gerakan Salam


Setelah Gerakan Sholat Salam, maka selesai lah Sholat Sunnah Tahajud 2 Rakaat yang kalian kerjakan. Dan sangat disunnahkan sekali bagi umat muslim muslimah untuk membaca dzikir setelah sholat tahajud dan membaca doa setelah sholat tahajud, karena hal tersebut telah dianjurkan dan telah dijelaskan didalam Al Qur’an.

Baca Juga: Ciri Ciri Imam Mahdi

Setiap sesudah melaksanakan sholat, baik itu sholat wajib 5 waktu ataupun sholat sunnah seperti sholat dhuha dan sholat tahajud. Tidak lengkap tanpa membaca dzikir seusai sholat, dengan membaca dzikir kita memuji Allah azza wa jalla yang memberikan kita berbagai nikmat. Setelah sholat tahajud nabi shallallahu alaihi wasallam berdzikir berikut ini.

Bacaan Dzikir Sesudah Sholat Tahajud


Adapun Bacaan Dzikir Sesudah Sholat Tahajud yang bisa kalian bacakan dan amalkan, antara lain :
  1. Membaca Dzikir Istighfar
  2. Membaca Dzikir Tasbih (Subhanallah)
  3. Membaca Dzikir Tahmid ( Alhamdulillah)
  4. Membaca Dzikir Takbir (Allahu Akbar)
  5. Membaca Dzikir Laa ilaaha illallah
  6. Membaca Dzikir Sholawat Nabi Muhammad SAW
Jika masih belum jelas, silahkan simak video tentang cara sholat tahajud berikut ini


Alhamdulillah pembahasan tentang sholat tahajud sudah selesai. Semoga apa yang telah di sampaikan di atas dapat bermanfaat khususnya untuk diri saya pribadi dan umumnya untuk Anda.

Mohon maaf jika ada khilaf dan salah dalam pembahasan kali ini. Sesungguhnya segala kebenaran datangnya dari Allah dan segala khilaf dan salah datangnya dari dalam diri saya pribadi.


EmoticonEmoticon