Wednesday, November 7, 2018

Pengertian, Fungsi dan Macam Macam Jenis Hosting

Loading...

Loading...
Di era yang sangat modern seperti sekarang ini, penggunaan internet sudah seperti makanan pokok bagi sebagian orang. Rasanya ada yang kurang jika dalam satu hari saja tidak menggunakan internet.

Ada banyak hal yang biasa seseorang lakukan menggunakan internet, ada yang sekedar mencari hiburan, berinteraksi dengan teman dan keluarga, media berekpresi, bahkan sampai media untuk mencari uang.

Salah satu yang saat ini sedang banyak diminati oleh banyak orang adalah mencari uang melalui internet atau biasa disebut dengan bisnis online.

Bicara bisnis onlien erat sekali kaitannya dengan website atau blog.

Dengan menggunakan website, Anda dapat dengan mudah melakukan promosi yang bisa menunjang bisnis online Anda kepedannya.

Kenapa menggunakan website?

Webiste adalah media yang bisa menarik pengunjung dari mesin pencari seperti google. Mungkin Anda juga sudah tahu bahwa sekarang ini banyak sekali orang yang mencari berbagai macam informasi dari google.

Ketika ada orang yang mencari suatu informasi di google dan ia menemukan webiste Anda, saat itulah Anda bisa membuat orang tersebut menghasilkan uang untuk Anda.

Enak bukan?

Tapi sebelum lebih jauh membahas tentang website. Ada satu hal penting yang wajib Anda ketahui, hal tersebut adalah hosting.

Pengertian Hosting


Hosting atau ada juga yang menyebutnya dengan webhosting adalah sebuah alat yang digunakan untuk menyimpan berbagi macam data yang ada di dalam sebuah website.

hosting

Biasanya hosting di buat dengan kapasitas tertentu tergantung dari harganya. Ada yang berkapasitas puluhan MB sampai dengan puluhan GB. Semakin kecil kapasitasnya semakin murah harganya.

Kapasitas hosting ini yang nantinya akan menentukan berapa banyak data yang bisa di muat di dalam website Anda. Data tersebut bisa berupa gambar, artikel, video dan lain sebagainya.

Logika sederhananya seperti ini: Anggap website adalah sebuah rumah, dan hosting adalah tanahnya. Semakin luas tanahnya semakin besar juga rumah yang bisa di bangun. Semakin besar rumah tersebut maka semakin banyak juga segala macam peralatan rumah tangga yang bisa di tampung di dalam rumah itu.

Selain yang berbayar, ada juga beberapa situs yang menyediakan jasa hosting gratis. Salah satunya adalah blogger yang merupakan produk dari google. Tapi Anda tidak bisa leluasa menggunakannya, ya namanya juga gratisan pasti banyak kurangnya.

Fungsi Hosting


Dari penjelasan di atas sebetulnya Anda sudah memiliki gambaran apa fungsi dari hosting, tapi akan saya sedikit tambahkan di dalam sini.

1. Tempat Untuk Menyimpan Data


Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, hosting memiliki fungsi untuk menyimpan data di dalam sebuah website dengan kapasitas yang berbeda-beda dan harga yang berbeda pula.

Untuk pemula, mungkin Anda bisa belajar membuat website menggunakan hosting gratisan terlebih dahulu, tapi biasanya pengguna dari hosting gratisan di batasi kapasitasnya.

Jika Anda sudah mahir dan berniat membangun sebuat website yang lebih luas serta profesional, saran saya jangan pernah ragu untuk membeli hosting sesuai dengan kapasitas yang Anda butuhkan.

Agar Anda bisa lebih leluasa dalam membuat website, terutama untuk keperluan bisnis, saya menyarankan Anda untuk membeli hosting unlimited Indonesia agar data apapun yang Anda buat di dalam webiste bisa di tampung di dalamnya dengan sangat mudah.

2. Menjaga Kinerja Website


Hosting yang tepat serta kualitas server yang baik dapat menjaga kinerja situs Anda tetap stabil selama 24 jam penuh. Tentu saja hal ini sangat penting, sebab Anda tidak ingin bukan situs Anda tidak dapat di akses karena server mengalami gangguan ketika ada orang yang ingin mengunjungi website Anda nantinya? Untuk hosting yang memiliki kualitas server yang baik, saya biasa menggunakan hosting dari niagahoster

Macam Macam Jenis Hosting


Selain kapasitas yang bervariasi, hosting juga ada beberapa jenis. Apa saja jenis hosting tersebut? Silahkan disimak.

1. Shared Hosting


Shared hosting adalah hosting yang ditempatkan pada server yang sama berbarengan dengan beberapa situs lain. Istilah lainnya yaitu satu server digunakan oleh beberapa situs website. Jadi antara website satu dengan website yang lain saling berbagi sumber daya, sumber daya yang dibagi antara lain RAM dan CPU.

Shared hosting sangat cocok digunakan untuk website pribadi yang pengunjungnya tidak terlalu banyak. Hosting ini juga merupakan yang paling banyak digunakan karena harganya lebih murah.

2. Dedicated Hosting


Berbeda dengan shared hosting yang satu server digunakan oleh beberapa website. Dedicated hosting justru sebaliknya, ia hanya menyediakan satu server hanya untuk satu website. Hal ini setingkat lebih aman jika dibandingkan dengan shared hosting. Sebab performanya lebih baik dan lebih terjaga.

3. VPS Hosting


VPS memiliki sumber daya yang lebih besar. Ketika menggunakan VPS, Anda bisa menginstall aplikasi dan melakukan setting pada server Anda sendiri dan sumber daya yang Anda miliki sepenuhnya milik Anda tanpa perlu membaginya dengan pemilik website lain.

4. Cloud Hosting


Cloud hosting adalah jenis hosting yang terdiri dari beberapa server yang saling terhubung dan membackup. Masing-masing dari server akan saling berinteraksi antara satu dengan yang lainnya untuk dapat menjaga kinerja dari situs website Anda tetap stabil. Cloud hosting memberikan keuntungan dan kenyaman kepada Anda karena kestabilan server dapat terjaga dengan baik.

Baca Juga: Macam Macam Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Dari pembahasan tentang hosting di atas apakah ada yang masih bingung atau ingin ditanyakan? Silahkan tulis pertanyaan Anda pada kolom komentar di bawah. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat untuk Anda. Terima kasih.


EmoticonEmoticon