Wednesday, August 8, 2018

Hukum dan Keutamaan Shalat Berjamaah di Masjid

Loading...

Loading...
Seperti yang kita ketahui dalam kaidah syar’i, melakukan hal yang wajib itu lebih utama di bandingkan melakukan hal yang sunnah. Seperti halnya shalat, shalat merupakan rukun islam kedua setelah syahadat yang merupakan tiang agama dan amalan yang paling di cintai Allah SWT. Dan akan lebih baik jika di lakukan dengan cara berjamaah di masjid bagi laki-laki namun sunnah untuk perempuan.
Keutamaan Shalat Berjamaah

Firman Allah SWT dalam Hadits Qudsi:

وَمَا تَقَرَّبَ إِلَيَّ عَبْدِي بِشَيْءٍ أَحَبَّ إِلَيَّ مِمَّا افْتَرَضْتُ عَلَيْهِ

“Tidaklah hamba-Ku mendekatkan diri kepada-Ku dengan sesuatu yang lebih Aku cintai daripada perkara yang Aku wajibkan atasnya.” (HR. al-Bukhari, dari Abu Hurairah  radhiyallahu ‘anhu)

Berjamaah berasal dari bahasa arab, yang artinya berkumpul. Shalat berjamaah di lakukan bersama-sama, minimal dua orang dan dilakukan secara tertib.

Baca Juga: Tata Cara Sujud Sahwi

Sesuai aturan Al Qur’an dan Hadits, yang satu sebagai imam dan yang lain sebagai makmum. Hukum shalat berjamaah adalah sunnah muakad, yang artinya pekerjaan yang lebih utama dikerjakan Rasulullah saw, namun ada juga yang berpendapat hukum shalat berjamaah adalah fardhu kifayah, yang artinya apabila ada manusia yang shalat berjamaah yang lain tidak berdosa, tapi apabila tidak ada satupun manusia yang sholat berjamaah maka yang lainnya berdosa.

Dasar hukum shalat berjamaah dari Abdullah ibnu Umar  r.a. Rasulullah saw. bersabda: "shalat berjamaah  lebih utama dari shalat sendirian sebanyak dua puluh tujuh derajat.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Baca Juga: Pengertian Afwan Secara Bahasa dan Istilah

Adapun keutamaan shalat berjamaah yaitu :

1. Senatiasa di doakan malaikat, diangkat sedudukannya satu derajat di setiap langkahnya dan di hapuskan dosa baginya.
2. Jika shalat fardhu dikerjakan secara berjamaah akan mendapatkan pahala 27 derajat.
3. Terbebas dari godaan syetan yang terkutuk.
4. Di hari kiamat orang yang senantiasa melakukan shalat berjamaah akan di berikan naungan oleh Allah SWT dan memancarkan cahaya yang sempurna.
5. Belajar membiasakan diri untuk mengatur dan mendisiplinkan kehidupan.
Demikian besar keutamaan shalat berjama’ah sehingga Rasulullah bersabda:

لَيْسَ صَلاَةٌ أَثْقَلَ عَلَى المُنَافِقِيْنَ مِنْ صَلاَةِ الْفَجْرِ وَالْعِشَاءِ، وَلَوْ يَعْلَمُوْنَ مَا فِيْهِمَا لأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْواً

Artinya : “Tidak ada shalat yang lebih berat bagi orang munafiq selain dari shalat Subuh dan ‘Isya. Padahal seandainya mereka mengetahui pahalanya, tentu mereka akan mendatanginya meskipun sambil merangkak.” (HR. al-Bukhari dan Muslim) 


Baca Juga: Hal yang Membatalkan Wudhu

Demikian besarnya keutamaan shalat berjamaah sehingga merugilah bagi orang-orang yang meninggalkannya, karena di dalam shalat berjamaah terdapat begitu banyak pahala yang berkali-kali lipat.


EmoticonEmoticon