Wednesday, August 15, 2018

Ciri Ciri Imam Mahdi Lengkap Sesuai Hadits

Imam Mahdi adalah seseorang yang istimewa. Bahkan dari beberapa ribu tahun yang lalu, Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam sudah memberi tahukan tentang kemunculan Imam Mahdi di akhir zaman, seperti apa ciri-ciri fisiknya dan apa saja yang akan beliau kerjakan ketika nanti memimpin umat di bumi ini.

Imam Mahdi juga adalah sosok yang sangat di tunggu-tunggu kedatangannya pada akhir zaman oleh sebagian kaum muslimin.

Dengan hadits yang sudah jelas, tapi masih saja ada beberapa orang yang mengaku bahwa dirinya adalah Imam Mahdi dan ada saja orang yang mempercayainya.

Inilah pentingnya kita mempunyai ilmu, agar kita bisa tahu mana yang benar dan mana yang salah. Dengan ilmu pula kita tidak akan mudah terhasut oleh hal-hal yang tidak ada dasarnya.

Untuk itu, mari kita sama-sama belajar tentang ciri ciri Imam Mahdi agar tidak terjadi lagi penipuan dan kebohongan di sekitar kita tentang Imam Mahdi.

Ciri Ciri Imam Mahdi

Sudah banyak hadits yang menjelaskan tentang munculnya Imam Mahdi di akhir zaman nanti. Salah satu ulama ahli hadits di Madinah yaitu Syeikh Abdul Muhsin Al-'Abbad pernah melakukan penelitian terkait hadits-hadits yang menjelaskan tetang Imam Mahdi.

Baca Juga: Tata Cara Sholat Tahajud Lengkap

Dari penelitian tersebut, beliau berhasil menyimpulkan bahwa setidaknya ada 26 orang sahabat Nabi yang pernah meriwayatkan hadits tentang Imam Mahdi dan ada 36 kitab hadits yang menuliskan hadits tentang Imam Mahdi.

Diantara kitab-kitab tersebut adalah


  1. Sunan An-Nasa'i
  2. Sunan Abu Dawud
  3. Sunan Tirmidzi
  4. Sunan Ibnu Majah


Sehingga bebrapa ulama mempunyai kesimpulan bahwa hadits-hadits yang menjelaskan tentang Imam Mahdi adalah hadits yang derajatnya telah sampai mutawatir ma'nawi.

Baca Juga: Pengertian Afwan Secara Bahasa dan Istilah

Adapun beberapa hadits yang menjelaskan tentang Imam Mahdi adalah sebagai berikut

1. Dari Abu Sa'id Al-Khudri Radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda

يخرج في آخر أمتي المهدي ، يسقيه الله الغيث ، وتخرج الأرض نباتها ، ويعطي المال صحاحا، وتكثر الماشية ،وتعظم الأمة ، يعيش سبعا ، أو ثمانيا ، يعني حججا

Artinya: “Pada akhir umatku akan keluar Al-Mahdi. Allah menurunkan hujan kepadanya, bumi menumbuhkan tanamannya, harta dibagi-bagikan, banyaknya binatang ternak dan umat ini menjadi mulia. Dia akan hidup selama tujuh atau delapan tahun; yaitu tujuh atau delapan musim haji.” (HR. Al-Hakim, disepakati oleh Adz-Dzahabi)

2. Dari Ummu Salamah radhiyallahu 'anha, beliau pernah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda

المهدي من عترتي من ولد فاطمة

Artinya: “Mahdi muncul dari anak keturunanku, melalui jalur keturunan Fathimah.” (HR. Abu Dawud)

لا تنقضي الدنيا حتى يملك العرب رجل من أهل بيتي يواطئ اسمه اسمي

Artinya: “Dunia ini tak akan berakhir sampai jazirah Arab dikuasai oleh seorang dari ahli baitku. Namanya menyamai namaku.” (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud)

3. Dalam hadits riwayat Abu Dawud

يواطئ اسمه اسمي واسم أبيه اسم أبي

Artinya: “Namanya sama dengan namaku, demikian pula nama ayahnya sama dengan ayahku.”

Dari beberapa hadits yang telah disebutkan di atas, bisa di ambil kesimpulan

1. Munculnya Imam Mahdi adalah salah satu dari tanda kiamat sudah dekat

2. Imam Mahdi akan menjadi seorang Khilafah yang memimpin umat di muka bumi ini selama 7 tahun atau 8 musim haji. Saat Imam Mahdi menjadi pemimpin, seluruh bumi ini akan mengalami kesejahteraan dan keadilan

3. Imam Mahdi memiliki nama yang sama dengan nama Rasulullah serta memiliki nama ayah yang sama dengan nama ayah Rasulullah.

4. Imam Mahdi memiliki garis keturunan Rasulullah dari putrinya yaitu Fatimah.

5. Imam Mahdi memiliki ciri fisik berupa hidung yang mancung dan dahi yang lebar.

Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam bersabda,

المهدي مني أجلى الجبهة أقنى الأنف يملأ الأرض قسطاً وعدلاً كما مُلئت جوراً وظلماً يملك سبع سنين

Artinya: “Al-Mahdi berasal dari keturunanku, dahinya lebar, hidungnya mancung. Dia akan memenuhi bumi ini dengan keadilan, setelah sebelumnya penuh dengan kekejaman dan kezaliman. Dia akan menguasai dunia ini selama tujuh tahun.” (HR. Abu Dawud dan yang lainnya)

6. Imam Mahdi akan menjadi Imam Shalat yang di makmumi oleh Nabi Isa 'alaihissalam

Dari Abu Said Al-Khudri radhiyallahu ’anhu, beliau berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

منا الذي يصلي عيسى ابن مريم خلفه

Artinya: “Dari keturunanku nanti akan ada yang menjadi Imam shalat untuk Isa bin Maryam (yakni Imam Mahdi).” (HR. Abu Nu’aim, dinilai shahih oleh Syaikh Albani)

Wallahua'lam bis shawab

Semoga apa yang ada pada artikel ini dapat bermanfaat khususnya untuk diri saya pribadi dan umumnya untuk Anda.

Mohon maaf apa bila banyak kekurangan, khilaf dan salah pada pembahasan kali ini. Sesungguhnya kebenaran itu datangnya dari Allah dan segala khilaf dan salah datangnya murni dari dalam diri saya pribadi.


EmoticonEmoticon