Tuesday, July 24, 2018

6 Doa Untuk Orang Sakit Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Loading...

Loading...
Doa adalah sarana yang baik bagi seseorang untuk bisa selalu mengingat kepada Allah SWT. Doa juga sama halnya seperti dzikir yang bisa membuat seseorang menjadi lebih dekat dengan Allah SWT.

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al Baqarah: 186)

Di dalam Islam, banyak sekali doa yang telah di ajarkan meliuti kegiatan kita sehari-hari dari mulai bagung tidur sampai dengan tidur lagi, termasuk halnya ketika diri kita atau seseorang sedang dalam kondisi sakit.

Doa Untuk Orang Sakit

Sebetulnya berdoa dan bahasa kita sendiri pun bisa saja dilakukan, selagi doa tersebut niatnya untuk kebaikan maka itu adalah doa yang mulia.

Namun sebaik-baiknya doa adalah doa yang dipanjatkan menggunakan bahasa arab, memahami maknanya dan sesuai dengan sunnah Rasulullah kepada kita.

Baca Juga: Cara, Niat dan Doa Mandi Besar atau Mandi Wajib

Untuk itu, mari kita sama-sama simak penjelasan tentang Doa untuk orang sakit berikuti ini yang sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW.

1. Doa untuk orang sakit dengan membaca surat Al Fatihah

6 Doa Untuk Orang Sakit Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Surat Al Fatihah disebut Ash Shalah, dimana surat ini merupakan syarat sahnya shalat. Surat Al Fatihah juga disebut asy syifa. Menurut hadist riwayat Ad Darimi danri Abu sa'id, sebagai hadist marfu': Fatihatul Kitab itu merupakan asy syifa (penyembuh) dari setiap racun.

2. Doa untuk orang sakit agar cepat sembuh

6 Doa Untuk Orang Sakit

Latin: Allahumma robban naas mudzhibal baasi isyfi antasy-syaafii, laa syafiya illa anta syifaa'an, laa yughadiru saqoman

Baca Juga: Arti Syafakillah dan Sayafakallah Lengkap Dengan Penjelasannya

Doa ini tercantum dalam Hadist Riwayat Bukhari No 5742 dan Muslaim no. 2191.

Doa ini bisa Anda bacakan di dalam hati saat menjengung orang yang sedang sakit sebagai pengharapan kepada Allah agar sakit yang di deritanya segera sembuh.

3. Ucapan doa untuk orang yang sedang sakit

6 Doa Untuk Orang Sakit Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Latin: Maa yusiibulmuslima min nashobiin walaa washobi, walaa hamma, walaa hujni, walaa adzi, walaa gomman hattasysyaukati yusyaakuha illa kaffarolluho bimaa min khotooyaah. As-alulloohal 'adziima robbal'arsyil 'adziimi ayyu'aafiyaka wa yusyfiyaka.

Doa ini bisa Anda bacakan baik arab maupun artinya kepada orang yang sedang sakit agar orang tersebut selalu sabar serta menguatkan mentalnya dalam menghadapi ujian yang Allah berikan.

4. Doa untuk orang sakit agar diberikan kemudahan

6 Doa Untuk Orang Sakit Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Latin: Bismillaahil kabiiri na'uudzu billaahil 'adziimi minsyarri 'irqin na'aarin wa min syarri harrin naari.

Doa ini bisa Anda baca sambil menadahkan tangan dan berbarengan dengan membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq dan surat An Naas. Setelah itu usapkan tangan Anda ke wajah orang yang sedang sakit tersebut.

5. Doa untuk orang sakit agar diberikan kesembuhan

6 Doa Untuk Orang Sakit Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Latin: A'uudzu bi'izzatillahi, wa qudrotihi, min syarri maa ajidu wa uhaadziru.

Doa ini sangat cocok untuk diri sendiri yang sedang sakit. Bisa membacanya dengan dimulai dengan bacaan basmallah 3 kali lalu di lanjut membaca doa ini sebanyak 7 kali sambil menyentuh bagian tubuh yang terasa sakit.

6. Doa untuk orang yang sedang sakit parah

6 Doa Untuk Orang Sakit Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Latin: Allahumma ahyinii maa anatil khyaatu khoiroolii. Watawafanii maa kanat wafaatu khoirolii.

Baca Juga: Bacaan Doa Qunut Subuh, Nazilah, dan Witir Lengkap

Doa ini bisa Anda bacakan sambil mengusap kepala orang yang sedang sakit parah lalu menuipkan 3 kali nafas Anda ke ubun-ubunnya.

Perintah untuk Berobat dan Larangan Untuk Berputus Asa


Rasulullah SAW meralang umatnya untuk berputus asa atas segala hal, termasuk dalam hal sakit. Saat sakit, Rasulullah juga memerintahkan kita untuk berobat agar bisa sembuh (atas izin Allah)

“Setiap penyakit itu pasti ada obatnya. Oleh karena itu, barangsiapa yang tepat dalam melakukan pengobatan suatu penyakit maka dengan izin Allah Azza wa Jalla dia akan sembuh”

“Tidaklah Allah menurunkan suatu penyakit, melainkan Dia turunkan penyembuh untuknya”

“Allah tidak menurunkan suatu penyakit, melainkan Dia turunkan juga penyembuh untuknya, yang hanya diketahi oleh orang yang mengetahuinya dan tidak diketahi oleh orang yant tidak mengetahinya”

Maka dari itu kita harus terus berusaha pantang menyerah ketika kita sedang di landa sakit. Karena rahmat dan kasih sayang Allah bisa datang kapan saja tanpa kita ketahui

Keutamaan dalam Menjenguk Orang Sakit


Keutamaan menjengung orang yang sedang sakit telah banyak tertuang dalam hadist Rasulullah. Imam Muslim meriwayatkan dalam shahihnya, dari Tsauban maulana Rasulullah SAW bersabda

“Orang yang menjenguk orang sakit berada dalam taman buah di surga sampai dia pulang.”

Riwayat lain menyebutkan

“Barangsiapa menjenguk orang sakit, maka dia terus menerus berada dalam Khurfatul Jannah, di tanyakan, “Wahai Rasulullah, Apa itu Khurfatul Jannah?” Beliau bersabda, “Buah surga yang siap dipetik.”

Alhamdulillah penjelasan pada pembahasa kali ini telah selesai. Semoga apa yang sudah di jelaskan di atas dapat bermanfaat khususnya untuk diri saya sendiri dan umumnya untuk Anda.

Mohon maaf jika dalam pembahasan, penulisan ataupun hal lain masih banyak salah dan khilaf. Sesungguhnya kebenaran itu hanya milik Allah dan kesalahan itu murni datangnya dari diri saya pribadi.


EmoticonEmoticon