Monday, July 30, 2018

Bacaan Doa Qunut Subuh Nazilah dan Witir Lengkap Arab dan Latin

Loading...

Loading...
Doa qunut adalah doa yang sering diamalkan atau dibacakan oleh kaum muslim pada saat mengerjakan sholat subuh 2 rakaat yang di bacakan oleh Imam saat setelah berdiri i'tidal atau setelah ruku di rakaat kedua.

Secara bahasa, qunut artinya tunduk dan merendahkan diri kepada Allah SWT.

Hukum membaca doa qunut menurut ulama dari kalangan Imam Syafi'i adalah sunnah muakkadah.

Pendapat ini didasari dari hadist Nabi SAW yang artinya:

“Dari Sahabat Anas bin Malik r.a, sesungguhnya Nabi SAW membaca qunut selama satu bulan penuh untuk mendoakan orang-orang, kemudian beliau meninggalkannya. Adapun di waktu subuh beliau tidak pernah meninggalkan qunut sampai beliau meninggal dunia.”(HR. Imam Baihaqi dan Daruqutni)

Selain itu, ada juga kalangan ulama yang berpendapat bahwa membaca qunut saat sholat subuh hukumnya sunnah bahkan ada yang mengatakan mubah.

doa qunut

Setiap ulama memiliki pendapat masing-masing yang dilandasi dari dalil dan hadist, untuk itu kita harus saling menghormati dan tidak boleh menjatuhkan apa lagi menghina.

Manfaat Membaca Doa Qunut


Segala sesuatu yang pernah Nabi lakukan pasti memiliki manfaat yang terkandung di dalamnya, begitu juga dengan doa qunut, terutama qunut nazilah. Daintara manfaat membaca doa qunut adalah

1. Meminta perlindungan kepada Allah agar terhindari dari wabah penyakit
2. Meminta perlindungan kepada Allah agar terhindar dari bencana alam
3. Meminta perlindungan kepada Allah dari ancaman musuh

Macam Macam Doa Qunut


Ada beberapa macam doa qunut yang dibedakan dalam pelaksanaannya. Doa qunut yang sering dilakukan adalah pada saat sholat subuh. Beberapa doa qunut tersebut adalah

1. Qunut Nazilah


Qunut Nazilah adalah qunut yang dikerjakan ketika disuatu negeri sedang terjadi peperangan atau bencana. Qunut Nazilah biasa dikerjakan pada waktu sholat fardu yang 5 waktu baik itu subuh, zuhur, ashar, magrib dan isya.

Tujuan dari dilaksanakannya qunut nazilah adalah untuk meminta pertolongan kepada Allah agar diselamatkan dari bencana, peperangan dan penindasan.

Baca Juga: Doa, Niat dan Tata Cara Mandi Wajib

Bacaan dari doa qunut nazila juga berbeda dari doa qunut subuh. Umumnya bacaan doa qunut nazila itu panjang dan disesuaikan dengan keadaan yang sedang terjadi.

Adapun contoh bacaan doa qunut nazillah adalah sebagai berikut

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَأَلِّفْ بَيْنَ قُلُوبِهِمْ وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِهِمْ وَانْصُرْهُمْ عَلَى عَدُوِّكَ وَعَدُوِّهِمْ اَللَّهُمَّ الْعَنْ كَفَرَةَ أَهْلَ الْكِتَابِ الَّذِيْنَ يَصُدُّونَ عَنْ سَبِيْلِكَ وَيُكَذِّبُونَ رُسُلَكَ وَيُقَاتِلُونَ أَوْلِيَائَكَ اَللَّهُمَّ خَالِفْ بَيْنَ كَلِمِهِمْ وَزَلْزِلْ أَقْدَامَهُمْ وَأَنْزِلْ بِهِمْ بَأْسَكَ الَّذِيْ لاَ تَرُدُّهُ عَنِ الْقَوْمِ الْمُجْرِمِيْنَ

Latin: ALLAHUMMAGFIRLANAA WA LILMU'MINIINA WAL MU'MINAATI WAL MUSLIMIINA WALMUSLIMAATI WA ALLIF BAYNA QULUUBIHIM WA ASHLIH DZAATA BAYNIHIM WANSHURHUM 'ALAA 'ADUWWIKA WA'ADZUWWIHIM

ALLAHUMMAL'AN KAFARATA AHL ALKITAABI ALLADZIINA YASHUDDUUNA 'AN SABIILIKA WAYUKADZIBUUNA RUSULAKA WAYUQAATILUUNA AWLIYAAIKA

ALLAHUMMA KHALLIF BAYNA KALIMIHIM WAZALZIL IQDAAMAHUM WAINZIL BIHIM BA'SAKA LLADZII LAA TARUDDUHUU 'ANIL QAWMIL MUJRIMIINA.

Artinya: "Ya Allah, ampunilah kami, kaum mukminin dan mukminat, muslimin dan muslimat. satukanlah hati mereka. Perbaikilah ikatan antara mereka dan menangkanlah mereka atas musuh engkau  dan musuh mereka.

Ya Allah, Laknatilah orang-orang kafir ahli kitab yang selalu menghalangi jalan engkau, mendustakan rasul rasul engkau, dan memerangi wali-wali-Mu.

Ya Allah, Cerai beraikanlah persatuan dan kesatuan mereka. Goyahkanlah langkah-langkah mereka, dan turunkanlah kepada mereka siksa Engkau yang tidak akan Engkau jauhkan dari kaum yang berbuat buruk”.

2. Qunut Subuh


Qunut subuh adalah qunut yang setiap hari saat sholat subuh kita kerjakan. Adapun bacaan qunut subuh adalah sebagai berikut:

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ
وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ
وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ
 وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ
وَقِنِيْ شَرَّمَا قََضَيْتَ
 فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ
 وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ
 وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ
تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ
فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ
اَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ
 وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Latin: ALLAHUMMAH DINII (-NAA) FII MAN HADAIT.
WA'AAFINII (-NAA) FII MAN 'AAFAIIT.
WA TAWALANII (-NAA) FII MAN TAWALLAIIT.
WA BAARIK LII (-LANA) FIIMAA A'THAIIT
WA QINII (-NAA) SYARRAMAA QADTHAIIT.
FA INNAKA TAQDTHII WALAA YUQTHDAA 'ALAIIK.
WA INNAHU LA YADZILLU MAN WALAIIT.
WALAA YA'IZZU MAN 'AADAIIT.
TABAA RAKTA RABBANAA WATA 'AALAIT
FA LAKAL-HAMDU 'ALAA MAA QADHAIIT.
ASTAGFIRUKA WA ATUUBU ILAIIK.
WA SHALLALLAAHU 'ALAA SAYYIDINA MUHAMMADININ-NABIYYIL UMMIYYI WA'ALAA AALIHII WA SHAHBIHI WA SALLAM.

Catatan: Doa di atas adala doa untuk sholat subuh sendiri, adapun untuk menjadi imam, kata NII diganti dengan NAA seperti yang sudah di tandai dalam kurung pada bacaan latin.

Baca Juga: Ini Dia Doa Untuk Orang yang Sedang Sakit Sesuai Sunnah

Artinya: "Ya Allah, tunjukkanlah aku sebagaimana mereka yang sudah Engkau berikan petunjuk.
Dan kasihkanlah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau sudah kasih kesehatan.
Dan peliharalah aku sebagaimana orang yang telah Engkau pelihara.
Dan berilah keberkahan bagiku pada segala apa yang Engkau sudah karuniakan.
Dan lindungi aku dari segala bahaya kejahatan yang Engkau sudah pastikan.
Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum.
Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin.
Dan tidak mulia orang yang mana Engkau memusuhinya.
Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau
Maha bagi Engkau seluruh pujian di atas yang Engkau hukumkan
Aku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau
(Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi kami Muhammad, keluarga dan sahabatnya."

Catatan: Terjemahan di atas adalah terjemahan untuk doa qunun seorang diri, adapun jika menjadi imam, katak "AKU" diganti menjadi "KAMI"

3. Qunut Witir


Qunut witir biasanya dikerjakan pada bulan Ramadhan, tepatnya 15 malam terakhir bulan Ramadhan pada saat sholat tarawih.

Untuk bacaannya, bisa menggunakan bacaan qunut subuh.

Cara Melakukan Doa Qunut Dalam Sholat


Doa qunut dalam sholat sendirian

Doa qunut dilakukan di rakaat kedua setelah rukuk dan berdiri kembali (i'tidal). Setelah i'tidal jangan langsung sujud tetapi langsung membaca doa qunut sambil mengangkat tangan seperti berdoa pada umumnya.

Suara tidak terlalu kencang, yang penting masih terdengar oleh telinga diri sendiri.

Setelah selesai membaca doa qunut, baru dilanjutkan dengan sujud.

Doa qunut dalam sholat berjamaah

Hampir sama seperti sholat sendiri, namun ketika Anda menjadi Imam, maka bacaan doa qunutnya dikeraskan.

Namun apabila Anda menjadi makmum, maka cukup berkata Aamiin saja sampai Imam membaca WA QINNAA SYARRAMAA QADTHAIIT. Lalu sisanya Anda lanjutkan di dalam hati.

Setelah membaca doa qunut, menurut Imam Ahmad bin Hambal di sunnahkan untuk mengusap wajah, namun menurut imam lain, tidak perlu.

Apa yang harus dilakukan ketika lupa membaca doa qunut saat sholat subuh? Disunnahkan untuk melakukan sujud sahwi, silahkan baca tentang bacaa, doa dan tata cara sujud sahwi

Alhamdulillah pembahasan kali ini tentang doa qunut telah selesai. Semoga apa yang telah di sampaikan di atas dapat bermanfaat khususnya untuk diri saya pribadi dan umumnya untuk Anda.

Mohon maaf jika dalam pembahasan kali ini masih banyak kekurangan, khilaf dan salah. Sesungguhnya kebenaran itu datangnya dari Allah dan segala khilaf dan salah datangnya murni dari dalam diri saya pribadi.


EmoticonEmoticon