Friday, May 25, 2018

Arti Barakallah Fii Umrik Lengkap Dengan Jawabannya

Loading...

Loading...
Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar kata ulang tahun? Senang, sedih, atau hura-hura?

Saat tiba waktu kelahiran seseorang, seharusnya kita bukan merasa senang, justru sebaliknya, kita harus merasa sedih karena pada dasarnya saat itu umur seseorang bukannya bertambah tetapi berkurang.

Miris rasanya ketika ada orang yang menginjak tanggal kelahirannya justru merayakannya dengan hura-hura, pesta, tiup lilin dan lain sebagainya yang tidak ada manfaatnya. Karena apa yang meraka rayakan sebetulnya adalah berkurangnya umur dari orang tersebut.

arti barakallah fii umrik

Dari pada kita melakukan hal yang sia-sia dan tidak ada manfaatnya, lebih baik kita doakan orang terebut dengan mengucapkan barakallah fii umrik atau doa lainnya yang baik-baik agar kehidupan kedepannya bisa mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Lalu Apa sih Arti Barakallah Fii Umrik?


Menurut bahasa, Barakallah Fii Umrik memiliki arti "Semoga mendapat berkah dari Allah SWT dalam usiamu".

Jika di lihat dari terjemahannya, kalimat Barakallah Fii Umrik ini mengandung doa agar sisa umur yang Allah berikan selalu mendapatkan berkah.

Baca Juga: Arti Jazakallahu Kairan Lengkap Denga Jawabannya

Kalimat inilah yang harusnya kita ucapakan kepada orang yang menginjak tanggal kelahirannya.

Selain untuk kelahiran, kata Barakallah juga bisa diucapkan untuk orang yang baru menikah atau orang yang baru saja memiliki buah hati.

Penulisan Barakallah Fii Umrik yang Benar


Penulisan latinnya adalah "Barakallah Fii Umrik" dan dalam bahasa arab adalah seperti ini بارك الله في عمرك

Terdapat huruf 'ain pada kata "Umrik"

Baca Juga: 20 Sifat Wajib Allah Lengkap Dengan Dalilnya

Perlu di perhatikan, jangan sampai penulisannya tertukar atau di tukar-tukar seenaknya.

Mungkin ada beberapa orang yang mengatakan bahwa jika memberikan ucapan doa kepada perempuan maka kata "Barakallah" di rubah menjadi "Barakillah"

Hal ini sebetulnya keliru, karena huruf “ك” pada kata “بارك” itu tidak menunjukan isim. Melainkan kata tersebut bermakna “barokah”

Namun jika ingin menyebutkan isimnya, yang bisa di tambah adalah kata "Umrik" menjadi "Umrika" atau "Umriki"

Awas ya jangan sampai salah, karena jika salah pengucapan dan penulisan maka arti dan maknannya juga akan berubah.

Jabawan dari Barakallah Fii Umrik


Sebagai manusia sosial yang saling membutuhkan, maka kita jangan sampai pelit jika ada orang yang mendoakan kita. Lebih baik, doa yang orang lain berikan kepada kita juga kita balas kembali.

Seperti contohnya dalam mengucapkan salam "Assalamu'alaikum" yang artinya adalah doa agar kita diberikan keselamatan. Maka kita wajib menjawabnya.

Jika ada yang mengucapkan Barakallah Fii Umrik, hendaknya kita menjawab doa tersebut dengan mengucapkan "Wa Fiikum Barakallah" yang memiliki arti "dan kepadamu termasuk berkah Allah".

Baca Juga: Kata Kata Bijak Islami Penuh Makna

Hal inilah yang menjadikan setiap orang muslim menjadi kuat, karena saling mendoakan.

Hukum Mengucapkan Barakallah Fii Umir Pada Seseorang


Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin menerangkan bahwa seseorang yang berumur panjang tidak selalu berbuah kebaikan. Kecuali jika memang umurnya tersebut digunakan untuk berbuat kebaikan, taat, dan menggapai ridho Allah SWT.

Ia pun menerangkan bahwa sebaik-baiknya orang adalah orang yang berumur panjang serta memiliki amalan yang baik. Dan begitu pula sebaliknya, seburuk-buruknya orang adalah yang diberikan nikmat umur panjang tetapi buruk amal ibadahnya.

Sebagian ulama tidak terlalu senang dengan doa yang meminta agar dikaruniai umur panjang secara mutlak.

Mereka tidak setuju dengan ungkapan "Semoga Allah memanjangkan umurmu" kecuali dengan diberikan tambahan dalam kebaikan atau keberkahan.

Oleh sebab itu, tidak ada yang salah jika kita sama-sama saling mendaoakan agar mendapat berkah di sisa umur yang kita punya saat ini. Hal ini dianggap baik selama tidak dibarengi dengan hura-hura dan pesta yang mendekati kepada kemaksiatan.

Untuk itu, mari kita sama-sama luruskan niat agar apa yang kita usahakan bisa tercatat sebagai ibadah.

Apakah Barakallah Fii Umrik adalah Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami?


Perlu kita catat dan pahami kembali bahwa ucapan "barakallah fii umrik" adalah salah satu doa yang bisa kita ucapkan kepada seseorang yang bertambah usianya.

Namun jangan sampai kita salah dalam menyikapi ucapan barakallah fii umrik itu sama dengan "ucapan selamat ulang tahun yang islami", sebab tidak ada yang perlu di selamatkan (gembirakan) ketika usia seseorang bertambah, karena pada dasarnya ucapan selamat itu diberikan untuk orang yang mendapatkan hal yang gembira sementara pertambahan usia adalah pengurangan waktu hidup dan bertambahnya amanah yang mesti kita bawa.

Cukup kita doakan saja saudara kita yang bertambah usia agar usia yang diberikan kepadanya selalu mendapatkan berkah. Doakan juga agar saudara kita selalu dikaruniai kesehatan dan kekuatan untuk bisa selalu beribadah kepada Allah SWT.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wsallam pernah menyampaikan bahwasannya senjata umat muslim adalah doa. Sebab dengan doa itu kita bisa mengerti arti dari rendah hati. Selain itu, doa juga merupakan salah satu bentuk penghambaan kita kepada Allah SWT.

Doa Agar Diberikan Umur yang Berkah


Selain barakallah fii umrik, ada beberapa doa lain yang bisa kita berikan kepada saudara kita yang usianya bertambah.

Selain untuk orang lain, doa ini juga bisa diberikan kepada diri kita sendiri.

Hal ini tentu saja lebih baik dari pada bernyayi lagu "Happy Birthday", "Panjang Umurnya", atau "Tiup Lilinnya"

Berikut doanya:

Pertama

اَللّهُمَّ اِنَّانَسْـأَلُكَ طُوْلَ الْعُمُرِ بِـالطَّاعَةِوَاخْتِمْ لَنَابِـالْأَعْمَالِ الصَّلِحَةِ

Artinya:

“Wahai Tuhanku, kami memohon kepada Engkau umur panjang dengan selalu digunakan untuk taat dan akhirilah umur kami dengan melakukan perbuatan yang baik”

Yang kedua:

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya:

“Ya Allah! Panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”

Yang Ketiga:

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ
وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Artinya:

“Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati”

Alhamdulillah artikel tentang arti barakallah fii umrik telah selesai. Jika ada yang salah atau kurang tepat dari artikel ini bisa diluruskan dengan menuliskannya di kolom komentar.

Mohon maaf atas segala khilaf dan kekurangannya.

Sesungguhnya segala kebenaran hanyalah milik Allah, dan jika ada kesalahan itu murni datangnya dari saya.


EmoticonEmoticon