Saturday, June 11, 2016

Tips Cara Menjaga Tubuh Tetap Sehat Selama Puasa

Banyak sekali manfaat yang di dapat ketika seseorang berpuasa. Salah satu diantaranya adalah puasa dapat menyembuhkan berbagai penyakit, bahkan ketika seseorang akan di operasi pun dokter menyuruhnya untuk berpuasa.

Tetapi kadang justru diri kita sendirilah yang membuat rasa sakit itu datang saat berpuasa. Tak jarang orang mengkonsumsi makanan dengan cepat dan porsi yang banyak ketika berbuka puasa yang menyebabkan makanan tersebut berdesakan masuk kedalam tubuh sehingga bisa berdampak negatif bagi tubuh.

Cara Menjaga Tubuh Tetap Sehat Selama Puasa

Agar puasa yang Anda kerjakan dapat berdampak baik untuk tubuh serta mendapat pahala dari Allah SWT, maka Anda harus melaksanakan puasa itu dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selain itu Anda juga dapat melakukan tips berikut ini agar tubuh Anda dapat tetap sehat selama puasa. Berikut ulasannya:

1. Konsultasi Dengan Dokter

Saya menyarankan khususnya bagi Anda yang mempunyai riwayat penyakit sebaiknya sebelum Anda melakukan puasa hendaknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter mengenai pola makan, waktu untuk meminum obat, berolahraga yang tepat dan apapun yang berhubungan dengan kesehatan Anda, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan ketika Anda menjalankan puasa.

2. Menu Makan Sahur

Sahur adalah salah satu hal yang penting ketika puasa. Makanan dan minuman ketika sahur sedikit banyak mempengaruhi tubuh ketika seharian berpuasa. Saya menyarankan untuk makan sahur menggunakan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang terdapat pada ubi, jagung, nasi merah, singkong serta roti karena makanan tersebut dapat menahan lapar selama lebih dari 6 jam.

3. Konsumsi Makanan yang Mengandung Protein dan Serat


Sudah tidak diragukan lagi bahwa protein dan serat sangatlah baik untuk kesehatan tubuh, termasuk juga pada saat berpuasa. Serat berguna untuk melancarkan pencernaan Anda setiap harinya, sehingga tidak ada makanan yang menumpuk di saluran pencernaan yang dapat menimbulkan berbagai penyakit, makanan yang mengandung serat adalah buah, sayur, dan biji-bijian. Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dapat membantu menjaga stamina ketika berpuasa. Untuk makanan yang berprotein, Anda dapat menemukannya pada telur, kacang-kacangan, keju, dan yogurt.

4. Minum Air Putih


Manfaat air putih untuk tubuh manusia sangat banyak, salah satunya agar tubuh tidak dehidrasi. Banyak yang beranggapan bahwa meminum air 8 gelas perhari itu sudah cukup. Padalah hal itu belum tentu benar, karena pada kenyataannya kebutuhan air antara orang yang satu dan lainnya itu berbeda tergantung dari banyaknya aktifitas yang orang tersebut lakukan. Bahkan untuk seseorang yang banyak melakukan aktifitas bisa membutuhkan 12 gelas air perharinya.

Selain terhindar dari dehidrasi, air putih juga berguna untuk menghilangkan bau mulut ketika berpuasa, karena air putih dapat membuat produksi savila (air liur) tetap stabil. Disarankan untuk tidak mengkonsumsi teh dan kopi ketika sahur karena dapat membuat haus ketika berpuasa.

5. Makan Secukupnya Saat Berbuka

Segala sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik, begitu juga dengan berbuka puasa. Saat berbuka hendaklah makan secara bertahap, mulai dari meminum air beberapa teguk, lalu sedikit mengkonsumsi makanan yang manis, setelah selang waktu 30-1 jam barulah makan besar.
Baca Juga: Resep Menu Takjil Buka Puasa yang Wajib Anda Coba
Disini saya menyarankan agar Anda tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis. Memang sangat di anjurkan untuk berbuka puasa dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis, tapi banyak orang yang keliru tentang hal itu. Yang saya maksud keliru disini adalah porsi dari makanan manis tersebut. Sangat tidak baik jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis, terutama jika bahan dasarnya adalah gula.

Selain pada saat berbuka, makan pada saat malam hari pun harus di perhatikan agar terhindar dari obesitas, serta hindari juga minum kopi dan soda karena itu akan membuat Anda sulit tidur dan menimbun lemak, lebih baik mengganti kedua minuman tersebut dengan air putih dan jus buah kesukaan Anda yang tentunya jauh lebih sehat.

6. Makanan Berminyak


Kurangi porsi makanan yang mengandung minyak. Hal ini selain tidak baik untuk kesehatan juga dapat membuat sel darah merah menggumpal sehingga menyebabkan aliran oksigen berkurang sebanyak 20%. Sehingga Anda akan terasa mengantuk pada siang harinya.

7. Olahraga Ringat Setelah Berbuka

Dianjurkan bagi Anda untuk berolahraga ringan setelah berbuka puasa. Olahraga ringan yang dapat Anda lakukan setelah berbuka puasa adalah peregangan otot dan berjalan santai, berjalan santi ini bisa Anda lakukan ketika menuju Masjid. Hal ini bertujuan untuk menjaga berat badan, menjaga kebugaran tubuh dan melancarkan aliran darah.

8. Pola Tidur

Tips yang terhakir ini memang sering kali terlewat. Selain berolahraga serta menjaga asupan makanan dan minuman kedalam tubuh, pola tidur pun sangat berpengaruh pada kesehatan Anda. Mengantuk ketika puasa bukanlah karena tidak makan dan minum seharian, tetapi karena pola tidur yang salah.

Luangkan waktu 20 sampai 30 menit di siang hari untuk tidur. Tidur siang yang tepat adalah 30 menit sebelum waktu zuhur. Tidur siang yang singkat tapi berkualitas akan membantu memulihkan energi Anda.

Menjaga kesehatan itu adalah hal wajib yang mesti dilakukan oleh kita semua. Karena dengan tubuh yang sehatlah kita dapat melakukan hal apapun dengan baik.

0 comments

Post a Comment